Tak bisa dipungkiri, keberadaan Facebook hingga saat ini masih menjadi raja sosial media di dunia, utamanya di Indonesia. Karena banyaknya penghuni facebook, menjadikan sosial media ini sebagai tempat promosi paling baik, utamanya buat blog.

Blogger yang tidak melakukan promosi dipastikan akan kesepian. Ibarat pedagang, sebaik apapun produk yang kita ciptakan, tanpa melakukan promosi yang baik tidak akan laku juga, begitu pula dengan blog, sebagus apapun postingan kita, tanpa promosi yang baik, akan sepi pembaca juga.

Soal strategi pemasaran artikel blog agar bisa kebanjiran pembaca akan kita bahas dipostingan lain. Kali ini kita akan membahas salah satu cara promosi yang tepat, yakni melalui facebook. Promosi ini kita mulai dengan memasang tombol Like/Suka di blog kita.

Sebelum melangkah pada Cara Memasang Tombol Like Facebook di Blog, bloGoooblok ~ menyarankan Anda untuk membaca tulisan berikut ini terlebih dahulu.

Jika sudah membaca dan menjalankannya, barulah langkah membuat atau memasang tombol like ini bisa dilakukan. Saya anggap saat ini, Anda sudah memiliki Fanpage Facebook untuk dijadikan tempat berlabuh bagi tangan-tangan indah para pengikut Anda.

Cara Memasang Tombol Like Facebook di Blog 

  • Pertama-tama kunjungi Pusat Developers Facebook di https://developers.facebook.com/ atau langsung menuju pusat Plugins-nya klik Disini
  • Pada laman ini ada banyak sekali pilihan, namun karena judul artikel ini soal membuat tombol like facebook, maka pilihlah Like Button


  • Selanjutnya, copy URL fanpage facebook Anda, tepat kedalam URL to Like. 


  • Setelah itu, silahkan pilih jenis tombol yang ingin Anda gunakan. Pada kolom Layout terdapat empat pilihan tampilan, silahkan coba satu persatu dan paling sesuai dengan Anda. Pada Action Type biarkan tetap Like (bisa juga Anda rubah jadi recomended). Jika tak ingin mengikutkan tombol Bagikan, hilangkan saja centang Include Share Button. Setelah itu klik Get Code. 


  • Akan muncul popup berisi pilihan script yang bisa Anda pasang di blog Anda. Ada empat metode yang disarankan, HTML5, XFBML, IFRAME dan URL. Silahkan pilih sesuka hati, namun bloGoooblok ~ menyarakan memilih HTML5, untuk blogspot dengan tampilan terbaru. 


  • Cara memasangnya harus dengan dua langkah. Pertama, Anda lihat pada script tersebut terbagi dalam dua bagian, scirpt paling atas harus dipasang di tubuh blog, yakni dengan masuk ke mode HTML dan yang kedua bisa Anda taruh dimana saja Anda mau. 
    • Cara memasang script yang pertama, pertama-tama login ke akun blogspot Anda, pilih Template lalu Edit HTML. Pada script terbaru blogspot, kode <body> tidak dituliskan dengan tanda > dibagian belakang, jadi carilah dengan mengetik "<body" (tanpa tanda kutip) lihat gambar. Setelah itu Simpan Template. 
    • Selanjutnya copy script yang kedua dan masukkan kedalam blog Anda, jika hendak memasangnya di sidebar, pilih Tata Letak lalu Tambahkan Gadget dan pilih mode HTML/Javascript. Paste lalu simpan. 

Kini seharusnya tombol like facebook telah muncul diblog Anda. Mudah bukan!. Jika mengalami kesulitan, tak usah sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah ini, kami akan dengan senang hati membantu. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
vcbcvb © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Mafsyah
Top